kumpulan gambar bergerak

Inilah Jenis Makanan Baik untuk Kesehatan Mata

Assalaamu’alaikum… Rekan-rekan semua…
Indra penglihatan atau mata merupakan salah satu organ yang peling penting dalam kehidupan manusia. Karena memiliki mata yang sehat dapat membuat kita melihat indahnya apa yang ada di sekitar kita dan juga indahnya dunia. Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, ada beberapa hal yang dapat menurunkan kinerja mata seseorang. Salah satunya yaitu terlalu lama menatap gadget atau layar komputer. Sinar radiasi yang disebabkan keduanya tentunya dapat menurunkan kemampuan penglihatan seseorang.

Beberapa masalah mata yang sering menyerang yaitu penglihatan kabur, mata perih, mata merah ataupun alergi pada mata. Biasanya seseorang yang mengalami alergi pada mata akan menyebabkan kondisi seperti sindrom mata kering ataupun konjungtivitis. Akan tetapi, jika kondisi mata sudah terlanjur parah, ini juga akan menyebabkan masalah, seperti katarak, degenerasi makula hingga kebutaan. Pastinya setiap orang tidak ingin mengalami hal seperti itu, nah untuk mencegah hal tersebut berikut adalah beberapa jenis makanan baik untuk kesehatan mata.
Makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata
Wortel
Makanan yang pertama adalah wortel. Jenis sayur yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi jika memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan betakaroten dan vitamin A yang tinggi merupakan asupan terbaik untuk mata. Betakaroten atau antioksidan yang terkandung dalam wortel berguna untuk menangkal radikal bebas sehingga hal ini akan menurunkan resiko katarak dan degenerasi makula. Sedangkan Vitamin A yang terkandung sangat penting untuk menjaga kelopak mata dan bagian luar mata agar tetap sehat.
Tomat
Makanan baik untuk kesehatan mata selanjutnya adalah tomat. Tomat merupakan salah satu jenis buah dan sayur yang biasa digunakan untuk bahan campuran memasak ataupun dimanfaatkan sebagai jus. Kandungan likopen pada tomat memiliki manfaat yang sangat baik untuk menunjang kesehatan mata. Sebuah studi menyatakan bahwa likopen merupakan salah satu zat yang berguna untuk membantu melindungi retina dan mata dari kerusakan. Tak hanya itu saja, likopen juga berguna untuk membantu organ-organ lainnya agar terhindar dari kanker, seperti mencegah kanker prostat, kanker paru-paru dan juga kanker usus.

Minyak zaitun
Selanjutnya adalah minyak zaitun. Selain digunakan untuk menjaga kecantikan, minyak zaitun juga dapat Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya yaitu mata. Minyak zaitun kaya akan lemak trans atau rendah lemak jenuh. Studi menyatakan bahwa lemak trans yang dikonsumsi secara rutin sangat bermanfaat untuk mencega segala penyakit retina. Tak hanya itu saja, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan yang berguna untuk membantu mencegah kanker, diabetes serta penyakit saraf degeneratif.
Nah itulah beberapa makanan baik untuk kesehatan mata. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang baik untuk mata lainnya seperti daging kalkun, ikan salmon, sayuran hijau, jangung manis, kacang lamon, biji-bijian serta buah alpukat.

Semoga bermanfaat.

Sumber : disehat.com


EmoticonEmoticon