kumpulan gambar bergerak

Kadar Kolesterol Normal Menurut WHO

Assalaamu’alaikum… Rekan-rekan semua…
Apa sih kolesterol itu? Kata kolesterol mungkin sudah sering kita dengar, kolesterol sangatlah erat dengan makanan yang lezat, usia, berat badan atau obesitas dan lain-lain. Kolesterol dikenal sebagai hal atau sesuatu yang negatif dan harus dihindari, sebenarnya itu tidak 100% benar karena pada kenyataannya kolesterol diperlukan oleh tubuh kita seperti pembentukan garam empedu, vitamin D dan produksi beberapa jenis hormon tetapi saat jumlahnya berlebihan akan menimbulkan masalah. Kadar kolesterol dalam tubuh manusia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia karena jumlah kolesterol yang diproduksi tubuh semakin tinggi, hal ini diperparah dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan kurang olahraga.
Lantas berapakah Kadar Kolesterol Normal Menurut WHO ? 
Berikut ini jumlah kolesterol normal dalam darah


Masih normalkah kadar kolesterol anda dari hasil cek darah di laboratorium. Jika sudah melebihi batas normal sebaiknya anda mengikuti saran dokter untuk minum obat, mengurangi makanan yang banyak mengandung kolesterol serta berolahraga secara rutin. Untuk menambah pengetahuan mengenai kolesterol simak penjelasan jenis kolesterol dibawah ini
Jenis-jenis kolesterol :
o    Kolesterol LDL atau Low Density Lipoprotein adalah sejenis kolesterol yang berbahaya, karena jenis kolesterol ini jika kadarnya tinggi  menimbulkan resiko tinggi pula menimbulakan penyakit jantung dan stroke. Kadar yang baik dari kolesterol ini adalah kurang dari 100 mg/dL, untuk ukuran normal antara 100 – 129 mg/dL, ukuran yang cukup antara 130 – 150 mg/dL, ukuran yang tinggi antara 160 – 180 mg/dL dan ukuran yang paling tinggi mencapai angka lebih dari 190 mg/dL.
o    Kolesterol HDL atau Hight Density Lipoprotein adalah kolesterol yang baik, karena kolesterol jenis ini dapat membuang atau mengurangi kolesterol jahat yang berlebihan pada pembuluh darah. Kadar normal dari kolesterol ini adalah 40 – 50 mg/dL serta antara 20 – 60 mg/dL.
o    Trigliserida adalah suatu jenis lemak yang ada dalam darah serta terdapat dalam berbagai organ tubuh. Beberapa faktor yang dapat memicu trigliserida dalam aliran darah adalah obesitas/kegemukan, gula, mengonsumsi alkohol, serta makanan yang berlemak. Kadar normal dari kolesterol ini adalah kurang dari 150 – 199 mg/dL, kadar tinggi antara 200 – 499 mg/dL dan kadar paling tinggi apabila mencapai angka 500 mg/dL.
Nah itu tadi beberapa jenis kolesterol yang ada dalam tubuh kita, setelah mengetahui jenis-jenisnya kali ini saya akan menjelaskan tentang berapa Kadar Kolesterol Normal Menurut WHO.
Ukuran kadar kolesterol normal menurut WHO
  1. Kurang dari 200 mg/dL, ukuran ini merupakan takaran kadar kolesterol yang normal. Artinya jumlah kadar kolesterol LDL, HDL, serta Trigliselida masih kurang dari angka 200 mg/dL. Jika hal itu terjadi maka resiko terkena penyakit jangtung akan semakin tipis atau sedikit.
  2. Berada pada angka 200 – 239 mg/dL, ukuran ini masih tergolong kolesterol cukup.
  3. Lebih dari ukuran 240 mg/dL merupakan ukuran kadar kolesterol yang tinggi, hal ini dapat memicu penyakit jantung korener.


Demikianlah tadi ulasan mengenai jenis-jenis kolesterol serta Kadar Kolesterol Normal Menurut WHO, semoga ulasan tersebut dapat menjadi pengetahuan dan bisa memperluas wawasan Anda. Cara untuk menurunkan kolesterol salah satunya adalah olahraga. Kesimpulan yang bisa diperoleh adalah dengan pola makan yang teratur dan olah raga yang teratur akan membuat kita aman dan jauh dari segala penyakit.

Semoga bermanfaat.
Sumber  :  disehat.com



EmoticonEmoticon