Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

Assalaamu’alaikum… Rekan-rekan semua…
“Mata Adalah Jendela Jiwa”, begitu kata mereka. Dan memang benar, tanpa mata maka jiwa kita akan kesulitan untuk mengenali dan memproses berbagai informasi visual yang berada di sekitar kita. Hampir semua aktifitas yang kita lakukan sehari-hari membutuhkan peran mata untuk melakukannya dengan benar, mulai dari saat bangun tidur di pagi hari hingga waktunya tidur lagi pada malam hari. Dan mengingat pentingnya peran mata dalam keseharian kita, maka cukup masuk akal apabila kita mulai menerapkan tips cara menjaga kesehatan mata di bawah ini. Hal tak lain adalah untuk menjaga kesehatan mata dan menghindari berbagai masalah dan penyakit mata yang mungkin mengintai kita sehari-hari.
Baca Buku Dengan Cara Yang Benar
Membaca buku adalah aktifitas yang positif. Ada banyak manfaat yang bisa kita petik dengan rajin membaca buku. Namun bukan berarti Anda bisa asal-asalan saat membaca buku. Postur tubuh yang tidak benar dan pencahayaan yang kurang baik justru dapat meningkatkan resiko gangguan penglihatan, terutama jika dilakukan dalam jangka panjang.
Perlu diingat untuk menjaga jarak pandang antara mata dan buku (objek) sehingga Anda dapat membaca dengan nyaman dan mata pun tidak terforsi kerjanya. Juga perlu diperhatikan perihal pencahayaan, sebab cahaya ruangan yang redup akan memaksa lensa mata untuk bekerja ekstra. Ini bisa ditandai dengan rasa pusing dan nyeri mata setelah membaca, yang berarti ada yang salah dengan cara baca Anda.
 


  
Jangan Terlalu Lama di Depan Komputer
Batasi waktu penggunaan komputer setiap harinya. Jika pekerjaan Anda menuntut untuk selalu berada di depan komputer, ada baiknya Anda beristirahat 15 menit setiap 2 jam untuk mengendurkan syaraf dan otot mata yang selalu tegang selama Anda bekerja. Anda juga bisa menyejukkan mata Anda dengan melihat pemandangan dan dedaunan hijau sehingga mata akan kembali rileks dan tidak tegang.

Jangan Lupa Berkedip
Tanpa disadari, saat kita fokus dalam mengerjakan sesuatu di depan komputer ataupun saat menonton adegan seru di layar, kita mengurangi intensitas berkedip. Pada dasarnya aktifitas kedip terjadi secara otomatis dengan di organisir oleh otak, namun ada kalanya otak alpa untuk memerintah kelopak untuk berkedip. Ada banyak kasus dimana mata mengalami dehidrasi atau kekeringan hanya karena kita kurang berkedip dan hal tersebut dapat memicu berbagai gangguan mata, seperti mata merah, mata perih, hingga penyakit lainnya. Anda tidak mau kan menghabiskan banyak uang untuk kunjungan dokter dan obat-obatan hanya karena lupa berkedip?
Konsumsi Vitamin A
Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ada banyak jenis makanan yang mengandung vitamin A dan itu tidak hanya wortel melainkan juga pepaya, apel merah, bayam, tomat, pisang, umbi-umbian, buah naga, dan bahkan hati sapi. So, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan mata namun tidak menyukai wortel, Anda masih memiliki banyak alternative pilihan sumber vitamin A untuk dikonsumsi.
Semoga bermanfaat.

Sumber   : disehat.com


EmoticonEmoticon