kumpulan gambar bergerak

10 Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Assalaamu’alaikum… Rekan-rekan semua…
Tahukah anda daun sirih merah? Daun sirih merah adalah salah satu daun yang banyak digunakan untuk obat herbal. Khasiat daun sirih merah untuk kesehatan didasari dengan kandungan dalam daun sirih merah, yang dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit.




Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan daun sirih merah diantaranya berikut ini :
1.       Mimisan
Khasiat daun sirih merah untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengobati mimisan, hal ini dikarenakan kandungan fenilpopada dan terpen pada daun sirih merah dapat mnghentikan darah yang keluar dari hidung anda.Caranya, adalah dengan menyumpal hidung anda menggunakan daun sirih merah yang digulung.

2.       Bronkitis
Kandungan tanini dalam daun sirih merah berkhasiat menyembuhkan penyakit bronkitis. Cara pengolahannya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirih merah dengan 300 ml air dan menyisakan hingga air tinggal setengah, setelah itu angkat dan saring daun sirih merahnya. Minum air rebusan tersebut 3 kali sehari.

3.       Maag
Khasiat daun sirih merah selanjutnya adalah untuk mengobati maag.Kandungan yang terdapat dalam daun sirih merah yang berkhasiat menyembuhkan maag adalah terpennoid dan klavikoil.

4.       Darah tinggi
Tekanan darah tinggi yang anda derita dapat distabilkan dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih merah, ini karena kandungan atsiri dan fenol pada daun sirih merah dapat menstabilkan tekanan darah.

5.       Tumor
Penyakit karena pertumbuhan sel secara tidak normal ini juga dapat disembuhkan dengan daun sirih merah.Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenois dalam daun sirih merah dapat meningkatkan imun tubuh sehingga mampu menghancurkan tumor berbahaya dalam tubuh.

6.       Diabetes
Khasiat daun sirih merah berikutnya adalah untuk mengobati diabetes, karena kandungan klavicol, terpenoid, eugenol, dan pycene dapat membantu insulin untuk mengatur kadar gula darah anda.

7.       Asam urat
Rasa nyeri pada pinggang akibat asam urat bisa anda sembuhkan dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih merah. Air rebusan ini berguna meluruhkan kristal-kristal asam urat, sehingga asam urat yang anda derita akan berangsur-angsur membaik.

8.       Radang paru paru
Penyakit berbahaya lain yang dapat disembuhkan dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih merah adalah radang paru paru. Kandungan antioksidan, mineral dan vitamin dalam air rebusan daun sirih merah dapat membantu mengeluarkan senyawa berbahaya yang masuk dalam paru-paru.

9.       Batuk
Khasiat daun sirih merah untuk mengobati batuk, bisa anda peroleh dengan meminum air rebusan daun sirih merah 2 kali sehari secara rutin.Ini dikarenakan radang penyebab batuk dapat disembuhkan dengan kandungan alkoloid, vitamin B dan C pada daun sirih merah.

10.   Luka bakar
Khasiat daun sirih merah yang selanjutnya adalah untuk meredakan peradangan pada kulit yang terbakar. Cara penggunaanya adalah dengan  menumbuk daun sirih merah dan mencampurkan madu kedalamnya, lalu oleskan pada kulit yang terbakar. Tunggu hingga kering tanpa membilasnya.
Beberapa khasiat daun sirih merah untuk kesehatan yang sudah dijelaskan diatas semoga dapat menambah wawasan anda.

Sumber : efeksamping.com



EmoticonEmoticon