Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Assalaamu’alaikum… Rekan-rekan semua…
Ingin tahu manfaat buah semangka untuk kesehatan dan bagi ibu hamil? Jika melihat rujukan berbagai macam buah, semangka merupakan salah satu buah yang sangat baik jika dikonsumsi bagi ibu hamil.
Tetapi kita hidup di Indonesia, yang mempunyai kultur budaya warisan nenek moyang. Bagi yang masih mempercayai mitos, kadang ibu hamil dilarang mengkonsumsi sesuatu yang masuk dalam pantangan.
Termasuk pada beberapa jenis buah. Padahal buah yang menjadi pantangan tersebut mempunyai kandungan yang baik dan penting bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Lalu apakah itu termasuk pada buah semangka? Padahal buah semangka mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik, seperti vitamin, mineral, zat besi dan sebagainya.
Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil


Semangka merupakan buah yang sehat dan bergizi. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan energi serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sebab selama proses kehamilan, dibutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dari biasanya.
Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin A, vitamin C, magnesium dan kalium yang bisa didapatkan dari buah semangka. Selain itu, semangka juga mempunyai kandungan serat yang baik jika dikonsumsi selama hamil. Anda ingin tahu manfaat lainnya dari buah semangka, terutama bagi ibu hamil. Simak ulasannya di bawah ini.
1.    Membantu proses pencernaan pada ibu hamil
Bagi ibu hamil sering mengalami keluhan pada sistem pencernaan dan panas dalam. Kadar cairan yang ada pada buah semangka sangat membantu mengatasi masalah pencernaan tersebut. 
2.    Mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki
Sering kita lihat ibu hamil mengalami kaki bengkak. Kadar cairan yang tinggi pada semangka dapat membantu melancarkan pembuluh darah penyebab kaki dan tangan bengkak pada ibu hamil. 
3.    Pada usia 1 sampai 4 bulan usia kandungan, ibu hamil sering mengalami morning sickness
Hal ini bisa dialami oleh beberapa ibu hamil. Misalnya mual ketika pagi hari, perut merasa melilit dan sebagainya. Cara mengkonsumsi buah ini juga mudah, bisa dimakan segar atau diolah menjadi jus. 
4.    Selain manfaat bagi ibu hamil tersebut, manfaat buah semangka untuk anak yang dikandung juga bisa dirasakan. Kebutuhan nutrisi bagi janin atau anak yang dikandung semakin lengkap dengan nutrisi yang terdapat pada buah semangka.
Selain manfaat yang ada, ibu hamil juga harus memperhatikan efek yang mungkin dirasakan. Misalnya kadar gula menjadi tinggi ketika terlalu sering mengkonsumsi buah semangka. Bagi ibu hamil yang menderita diabetes, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini.
Konsumsi semangka dalam keadaan segar, sebab jika sudah lama terkena udara terbuka akan menyebabkan kadar asam, ini menyebabkan rasa mual jika dikonsumsi pada ibu hamil. Jika selama mengkonsumsi tetap memperhatikan aspek keseimbangan, maka buah manfaat buah semangka lebih besar dari pada efek sampingnya.  Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk Anda sekalian.

Sumber  :  disehat.com



EmoticonEmoticon