7 Obat Penurun Panas Bayi Tanpa Efek Samping

Assalaamu’alaikum.. Rekan-rekan semua..
Pada saat anak masih berumur 1 tahun kebawah adalah saat dimana anak sangat rentan terserang demam atau panas. Panas pada bayi ini harus ditangani dengan baik dan benar, karena kondisi bayi masih sangat sensitif. Untuk mencari keamanan anda dapat menggunakan bahan alami untuk obat penurun panas bayi, karena pemilihan bahan alami untuk obat penurun panas bayi ini tidak menimbulkan efek samping, sehingga aman digunakan untuk bayi anda.




Bahan alami yang digunakan untuk obat penurun panas bayi diantaranya sebagai berikut :
1.       Bawang merah
Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang dapat menimbulkan rasa hangat pada tubuh.Kandungan pada bawang merah yang dapat menimbulkan rasa hangat dan menurunkan suhu tubuh pada bayi adalah minyak atsiri, sikloalin, kuersetin, metialiin, kaemferol, dan florogluin.Cara penggunaannya cukup dengan menghaluskan 5 butir bawang merah lalu campur dengan minyak kelapa dan balurkan pada tubuh bayi.

2.       Kunyit
Sejak jaman dahulu kunyit sudah sering digunakan untuk menurunkan suhu tubuh bayi.Kandungan pada kunyit yang dapat mencegah peradangan adalah minyak atsirin, turmerin, curcumin dan zingiberen. Selain untuk mecegah peradangan, zat ini juga dapat berfungsi sebagai antibakterial dan antioksidan. Cara penggunaanya adalah dengan menumbuk kunyit dan peras airnya, lalu berikan sari kunyit tersebut pada bayi anda.

3.       Sambiloto
Bahan selanjutnya untuk obat penurun panas bayi adalah sambiloto. Sambiloto dapat menurunkan panas baik pada bayi maupun orang dewasa karena memiliki kandungan andrografolid lactones, glucosides, diterpene, dan flavonoid.

4.       Temulawak
Cara menurunkan panas bayi menggunakan temulawak sudah dipercaya sejak dahulu. Selain untuk menurunkan panas bayi,temulawak juga dapat meningkatkan nafsu makan, mengobati diare, penyakit kuning, maag dan perut kembung.

5.       Madu
Selain dengan bahan tradisional diatas, madu juga dapat digunakan untuk obat penurun panas bayi, caranya yaitu dengan meneteskan madu kedalam mulut bayi 3 kali sehari sampai suhu tubuh bayi menurun dan normal.

6.       Jeruk nipis
Bahan lain yang cukup efektif menurunkan panas bayi adalah air perasan jeruk nipis. Untuk mengurangi rasa asam jeruk nipis, anda bisa menambahkan madu pada air perasan jeruk nipis tersebut. Anda juga bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis pada susu bayi.

7.       Bawang putih
Selain bawang merah, bawang putih juga dapat digunakan untuk obat penurun panas bayi yang efektif.Cara penggunaan bawang putih untuk obat penurun panas bayi adalah dengan memotong kecil bawang putih lalu campurkan dengan minyak kelapa dan balurkan pada tubuh bayi.Anda juga bisa mengganti minyak kelapa dengan minyak kayu putih agar rasa hangat yang ditimbulkan lebih maksimal.
Beberapa obat penurun panas bayi diatas adalah bahan pilihan yang terbukti paling cepat menurunkan suhu tubuh pada bayi, dan tentunya tidak menimbulkan efek samping.

Sumber : efeksamping.com



EmoticonEmoticon