Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah

Assalaamu'alaikum... Rekan-rekan semua...
Untuk dapat menurunkan kolesterol dengan cepat maka diperlukan kombinasi antara diet rendah kolesterol, olahraga untuk membakar lemak darah dan disiplin menjalani pengobatan jika anda sudah mendapat resep dari dokter.



Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh identik dengan berbagai macam penyakit berbahaya terutama penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Kolesterol jahat yang terlalu banyak beredar di dalam darah lama-kelamaan akan menempel dan menumpuk di dinding pembuluh darah akibatnya dapat terjadi penurunan elastisitas atau bahkan penyumbatan.

Semakin tingginya kesadaran masyarakat akan bahaya penyebab penyakit ini membuat orang mencari cara yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik. Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menurunkan kolesterol antara lain:

1. Turunkan berat badan
Menurunkan berat badan sebanyak 5-10% dapat secara signifikan menurunkan kolesterol. Rencanakan perubahan pola makan yang akan anda lakukan dan perbanyak informasi anda tentang bagaimana cara menurunkan berat badan secara sehat. Banyak orang mencoba menurunkan berat badan secara ekstrim, bukannya sehat, bisa-bisa anda malah memiliki masalah kesehatan baru. Jadi pilihlah metode penurunan berat badan yang benar-benar masuk akal, aman dan sehat.

2. Makan lebih banyak serat.
Serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan, pengendalian gula darah dan menurunkan kolesterol. Untuk mendapatkan jumlah serat yang cukup perbanyak makan sayuran dan buah. Serat berfungsi seperti spons yang dapat menyerap kolesterol dalam makanan sehingga dapat dibuang.
3. Olahraga ringan sesering mungkin
Biasanya orang berolahraga selama berjam-jam namun hanya dilakukan sekali atau dua kali per minggu atau hanya beberapa kali dalam sebulan. Meskipun itu masih lebih baik dibandingkan tidak berolahraga sama sekali tetapi alangkah baiknya jika berolah raga dilakukan dengan benar yakni cukup +-30 menit sehari sesering mungkin, misalnya 3-6 kali per minggu. Aktifitas fisik seperti ini merupakan cara menurunkan kolesterol yang sangat ampuh jika dilakukan secara terus menerus.
4. Hindari rokok
Kalau anda merokok segera berhenti, kalau ada anggota keluarga anda yang masih merokok bantu mereka untuk berhenti merokok. Salah satu manfaat berhenti merokok adalah dapat meningkatkan kolesterol baik dan tidak hanya itu saja, hanya 20 menit setelah tidak merokok tekanan darah akan turun. 24 jam setelah berhenti merokok, resiko terkena serangan jantung akan turun dan setelah setahun berhenti maka resiko terkena penyakit jantung turun hingga setengah dari orang yang masih merokok.
Semoga bermanfaat.

Sumber  :  disehat.com


EmoticonEmoticon