Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Assalaamu’alaikum… Rekan-rekan semua…
Seperti kita ketahui pada yang sering kita ketahui bahwa Panas demam pada anak dapat terjadi kapan saja. Terkadang tanpa sebab yang kita sendiri tidak mengetahui. Panas demam anak dapat disebabkan oleh banyak hal dan tanpa kita sadari. Sebagai orang tua pasti merasa cemas dan panik disaat anaknya terserang panas demam. Banyak hal yang dilakukan untuk segera menurunkan suhu panas tubuh sang anak salah satu dengan memberikan obat penurun panas demam atau dengan Plester Penurun Demam.



Demam biasanya diawali suhu badan naik bisa saja panas kadang dingin, biasanya lebih dominan panasnya daripada dinginnya. Kondisi anak yang panas sebenarnya awal dari pertanda anak akan mengalami penyakit flu atau batuk pilek. Untuk itu orang tua sebaiknya jangan terlalu panik menghadapi hal yang demikian, walaupun panas pada anak juga mengindikasikan adanya penyakit tertentu seperti gejala tipes atau penyakit lainya. Sudah tentu sebagai orang tua yang cerdas akan selalu peduli dengan kondisi kesehatan anak-anak sehingga tatkala sakit akan selalu tanggap memberikan pertolongan pertama supaya tidak bertambah parah. Nah apabila anak anda saat ini menderita panas tinggi jangan panik terlebih dahulu. Untuk mengatasi anak panas sebenarnya sangat mudah dilalukan asalkan kita mengetahui caranya, dan siapapun bisa melalukannya baik ibu, pengasuh anak maupun si ayah selaku orang tua.

Langkah awal pertama yang harus anda lalukan adalah memeriksa suhu tubuh anak anda dengan menggunakan alat pendeteksi suhu badan yang biasanya digunakan adalah thermometer, untuk itu sebaiknya selalu sediakan alat ini sebab sewaktu-waktu bisa megecek kondisi tubuh si anak. Jika tidak ada cukup raba bagian kening, tubuh bagian belakang juga tangan dan kaki, terasa panas apa tidak. 

Untuk melihat atau mendiaknosa secara manual dengan cara meraba suhu tubuh disini kita harus paham kondisi saat sedang sehat atau suhu tubuh normal dan saat lagi panas caranya dengan sering membelai anak setiap saat juga bisa dilakukan apabila sedang digendong sementara tubuh anak anda merasa lain tidak seperti biasanya, itu merupakan pertanda jika anak anda sedang kurang enak badan atau lagi panas. Sering membelai dan menggendong anak juga merupakan salah satu ungkapan rasa kasih sayang (perhatian) orang tua terhadap anak dan bukan bermaksud untuk selalu memanjakan si anak. Intinya dengan melakukan hal tersebut kita juga akan selalu memantau kondisi fisik tubuh si anak.

Berikut Tips Mengatasi Panas Pada Anak
1.      Bawang Merah
Didalam Bawang merah mengandung minyak Atsiri, metilaliin, sikloaliin, kaemferol, floroglusin, kuersetin dimana semua kandungan ini memiliki manfaat sebagai penurun panas. Selain berguna sebagai bumbu dapur ternyata Bawang merah berfungsi sebagai pengobat panas anak. langkah menggunakannya: ambil beberapa biji bawang merah lalu iris menjadi beberapa bagian, irisan bawang merah tersebut oles-olskan pada tubuh anak dari bagain dahi, leher, punggung,dada, tangan samai telapak kaki. Ingat jangan oleskan pada bagian yang terdekat dengan mata, akan menyebabkan pedih pada mata. Sebelum diolesi bawang merah sebaiknya olesi dahulu dengan minyak kelapa minyak tawon atau menggunakan minyak telon.

2.      mengkompres.
Seperti yang kita ketahui hal yang biasa gunakan adalah mengkompres menurunkan suhu tubuh anak yang sedang mengalami panas adalah dengan mengompres. Caranya sediakan sapu tangan atau handuk kecil yang bersih lalu lipat kemudian celupkan kedalam air sedikit peras lalu tempelkan pada kening anak anda. Air dingin sebaikny diambil dari sumur atau air kamar mandi. Lalukan beberapa kali sampai panas suhu tubuh anak mereda.

3.      Jus Mangga.
Apabila anak anda mengalami panas sebaiknya buatkan jus mangga, rasa buah mangga yang manis cenderung lebih disukai oleh anak-anak akan memudahkan dalam mengobati panas pada anak dan balita.

4.      Kunyit
kandungan didalam kunyit adalah atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang memiliki fungsi sebagai antiinflamsi, antibakteri dan antioksidan yang sangat baik untuk menurunkan panas demam. Untuk penggunaannya, parut kunyit sekitar satu ruas jari tambahkan setengah gelas air panas. Setelah dingin, peras untuk diambil sarinya dan tambahkan perasan setengah jeruk nipis dan dua sendok makan madu. Bagi menjadi tiga bagian untuk diberikan tiga kali sehari.

5.      Air kelapa muda
Air kelapa muda bukan untuk menurunkan panas demam. Kandungan banyak mineral seperti kalium sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang keluar melalui keringat akibat panas demam.

6.     Tips yang terahir ini bisa digunakan oleh perawat baik ibu, bapak, maupun keluarga yang lain. dengan membelai, memeluk dan merangkul yang erat si kecil supaya panasnya bisa tersalur ke badan sang ibu, sehingga membuat suhu panas akan menurun. Cara ini juga akan memberikan rasa nyaman pada anak-anak sehingga anak lebih tenang.

Sekian Tips Kesehatan Tubuh Alami Cara Mengatasi Demam Pada Anak yang diperoleh dari referensi yang dapat dipercaya,. semoga bermanfaat.

Sumber  : efeksamping.com



EmoticonEmoticon