Assalaamu'alaikum... Rekan-rekan semua...
Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) adalah acuan atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian hasil
belajar peserta didik.
Rambu-Rambu Penyusunan
KKM
Adapun rambu-rambu
dalam penetapan KKM adalah sebagai berikut :
Pertanyaan :
- Kapan KKM ditetapkan?
- Siapa yang Menetapkan KKM?
- Nilai KKM dinyatakan
dalam bentuk bilangan apa?
- Maksimal Nilai ketuntasan berapa?
- Apakah sekolah dapat menetapkan nilai KKM kurang
dari nilai maksimal KKM?
- Apakah nilai KKM perlu dicantumkan di dalam LHBS?
Jawaban :
- KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
- KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
- Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat
dengan rentang 0 – 100
- Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100
- Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah nilai
ketuntasan belajar maksimal
- Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS
Mekanisme dan
Langkah-Langkah Penyusunan KKM
Kompleksitas Materi (Karakter Mata pelajaran)
- (Kesulitan & Kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai siswa
- Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya menuntut:
- SDM (Siswa memahami Kompetensi yang harus dicapai dan kreatifitas serta inovatif dalam melaksanakan pembelajaran.
- WAKTU (sukup lama karena perlu pengulangan.
- PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi.
Daya Dukung (Kondisi
Sarana Prasarana)
KEMAMPUAN SUMBER DAYA
PENDUKUNG yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan
prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan , BOP, manajemen sekolah,
kepedulian stakeholder sekolah.
Intake (Karakter
Peserta didik)
KEMAMPUAN yang
dimiliki oleh peserta didik atau input yang diterima.
Menafsirkan Kriteria
Menjadi Nilai
A. Dengan memberikan poin
pada setiap kriteria yang ditetapkan :
·
Kompleksitas (Karakter MP) : Tinggi = 1,
Sedang = 2 dan Rendah = 3
·
Daya Dukung (Kondisi SP) : Tinggi = 3,
Sedang = 2 dan Rendah = 1
·
Intake (Karakter PD) : Tinggi = 3,
Sedang = 2 dan Rendah = 3
Jika indikator
memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake peserta
didik sedang maka nilainya adalah :
(3+3+2) x
100 = 88,89 dibulatkan menjadi 89
9
Contoh Format A
B. Dengan menggunakan
rentang nilai pada setiap kriteria, misalnya :
- Kompleksitas (Karakter MP) : Tinggi = 50-64, Sedang = 65 – 80, Rendah = 81 – 100
- Daya Dukung (Kondisi SP) : Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64
- Intake (Karakter PD) : Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64
Jika indikator
memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan
intake peserta didik sedang maka nilainya
adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang ditentukan.
contoh KKM download disini
Semoga bermanfaat.
Sumber : https://karwapi.wordpress.com
EmoticonEmoticon