Awas!!! Ternyata Wi-Fi Tidak Baik Untuk Kesehatan


Assalaamu’alaikum… Rekan-rekan semua…
Sebagian besar dari masyarakat perkotaan terutama, hidup dalam lingkungan Wi-Fi. Namun ternyata Wi-Fi tidak baik untuk kesehatan. Ibaratnya seperti hidup di dalam kekuatan yang tidak dapat terlihat namun tanpa disadari sedikit demi sedikit mengikis kesehatan kita. Penyebab utama dari bahaya dari Wi-Fi ini adalah radiasi elektromagnetik yang ditimbulkan.
Parahnya lagi, menurut penelitian ternyata tidak hanya Wi-Fi saja yang menjadi musuh bagi kesehatan, namun termasuk teknologi nirkabel atau ‘wireless’ lainnya. Bayangkan saja berapa banyak produk teknologi nirkabel yang hadir di sekeliling kita. Contoh saja modem, router, handphone dan banyak lagi lainnya!

Lantas apa saja bahaya yang ditimbulkan dari teknologi nirkabel ini?



Wanita Hamil dan Anak-Anak Lebih Besar Merasakan Dampaknya
Penelitian membuktikan bahwa paparan radiasi tersebut dapat mempengaruhi perkembangan mental. So, jika Anda memiliki bayi atau anak-anak dirumah, cobalah untuk tidak menggunakan teknologi Wi-Fi.
Insomnia
Jika Anda terkena paparan radiasi Wi-Fi dalam jangka waktu yang lama, hal ini akan membuat Anda susah terlelap saat tidur. Pakar kesehatan merekomendasikan untuk mematikan modem atau router selama jam tidur Anda untuk meminimalisirnya.
Efek Lemas
Penelitian yang melibatkan 30 wanita membuktikan bahwa wanita yang terkena radiasi lebih dari 1 jam, akan merasa lemas atau lesu. Hal ini juga akan berdampak pada aktifitas otak.
Fungsi Otak
Radiasi ini juga berdampak pada fungsi otak pada anak sekolah. Pada orang dewasa, efek yang ditimbulkan adalah kesulitan konsentrasi setelah terkena radiasi terus menerus dalam jangka waktu lama.
Impoten
Pada pria dewasa, paparan radiasi ini akan mempengaruhi sperma dan juga DNA. Efek negatif ini merupakan efek jangka panjang dan tidak akan muncul seketika. Kesuburan pada pria ini akan muncul suatu saat jika Anda ‘rajin’ terkena paparan radiasi Wi-Fi secara berlebihan.
Pertumbuhan dan Penyembuhan
Pertumbuhan sel dan penyembuhan atau recovery dalam tubuh kita juga akan terganggu oleh Wi-Fi. Ingat seperti yang sudah dijelaskan tadi, penggunaan ponsel dengan berlebihan juga akan menimbulkan efek yang sama. So, apa salahnya jika kita mengurangi ketergantungan kita pada semua teknologi tersebut?



Kanker
Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan, namun beberapa peneliti berspekulasi Wi-Fi berpotensi dapat menimbulkan beberapa jenis kanker. Meskipun belum teruji, rasanya menggunakan teknologi ini dengan berlebihan tetap akan berdampak buruk.
Jantung Berdebar
Beberapa orang ada yang langsung merasakan jantung berdebar setelah mendapat paparan radiasi dengan frekuensi yang sering. Meskipun tidak banyak orang yang merasakan, ada baiknya kita tetap berhati-hati.
Sakit Kepala
Sakit kepala atau pusing merupakan efek yang sangat jelas setelah terkena paparan radiasi. Meskipun bukan merupakan masalah yang besar, namun jika terlalu sering terkena radiasi, suatu saat hal ini akan menjadi masalah yang besar.
Itulah tadi beberapa efek samping teknologi wireless, tepatnya Wi-Fi bagi kesehatan kita. Namun memang saat ini Wi-Fi sangat-sangat berguna bagi kehidupan banyak orang. Contohnya digunakan dalam pekerjaan kantor, belanja online di toko online, belajar dan banyak aspek lain yang sangat terbantu karena hadirnya sistem ini.
Wi-Fi sendiri hadir di berbagai tempat, mulai dari kantor; kampus; tempat umum seperti kafe, taman; hingga dirumah. Otomatis hal ini pun tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Hal ini dikembalikan lagi kepada kita bahwa segala sesuatu yang berlebihan akan berakibat negatif. So menggunakan boleh, asal menggunakan dengan bijak dan tahu akan batasan.
Semoga bermanfaat.
Sumber  :  indonews.co.id




EmoticonEmoticon